bogist.com

Bogor Tourist Information Center

Kujang adalah salah satu senjata tradisional di tataran Sunda yang dianggap memiliki kekuatan magis, sejak jaman kekuasaan Prabu Siliwangi. Senjata itu kemudian dijadikan sebagai sebuah tugu pada tahun 1982, tanggal 4 Mei di Kota Bogor, sebagai hadiah untuk ulang tahun Bogor yang ke-500 di tahun tersebut. Pada saat itu H. Ahmad Sobana yang menjabat sebagai Wali Kota Bogor.

Tinggi bangunan ini mencapai 25 meter, dan berdiri tegak di atas tanah seluas 26 x 23 meter persegi. Ornamen kujang yang berada di puncaknya memiliki berat +/- 800 Kg dengan tinggi sepanjang 7 meter. Kujang ini terbuat dari bahan stainless steel yang dilapisi perunggu dan kuningan. Ornamen Kujang di atas tugu ini menghadap ke arah lokasi Istana Bogor berada.

Tugu Kujang

Menikmati Malam di Tugu Kujang

Persimpangan Tugu Kujang

Lokasi Tugu Kujang ini berada di pusat kota, tepatnya di depan Botani Square dan di dekat Kebun Raya Bogor. Atau berada di pertemuan jalan antara Jl. Otto Iskandar Dinata dan Jl. Pajajaran.

Dari persimpangan jalan di Tugu Kujang, kita dapat memandang ikon Kota Bogor yang lainnya, yaitu Gunung Salak. Terutama pada saat kondisi cuaca yang sedang cerah di pagi hingga menjelang petang.

Di bagian bawah tugu tertulis “Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga” yang berarti “Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya”. Tulisan tersebut berasal dari prasasti Lingga dan Batutulis Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil.

Semoga tugu ini dapat dilestasikan dan dijaga keberadaannya, salah satunya adalah dengan tidak melakukan vandalisme di tugu tersebut.

Sumber:

http://forum.nationalgeographic.co.id/topic-1032.html

http://informasibogor.com/melihat-sejarah-tugu-kujang/

We Love Your Comments

Categories: Wisata Sejarah 0 like