bogist.com

Bogor Tourist Information Center

Museum merupakan salah satu tempat paling baik untuk belajar mengenai ilmu pengetahuan, sejarah, budaya, dan seni melalui beragam artefak yang dipamerkan. Mengunjungi museum bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan dan mendidik. Ada banyak museum di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Berikut kami berikan daftar museum di Bogor:

1. Museum Zoologi

Museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 dengan nama Museum Zoologicum Bogoriensis. Mempunyai koleksi ribuan species binatang mamalia, serangga, burung, ikan, reptil, dan moluska. Museum ini terletak di Jl. Ir. h. Juanda No. 09 (Telp. 0251-8322226). Untuk mengunjungi museum ini, Anda harus membeli tiket masuk Kebun Raya Bogor seharga Rp 10.000,-. Pintu masuk museum ini berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Museum Zoologi

(Sumber: www.kotabogor.go.id)

2. Museum PETA

Pendirian Museum PETA diprakarsai oleh YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air), dan diresmikan oleh Presiden RI ke II, H. M. Soeharto, pada 18 Desember 1995. Di dalam museum ini terdapat empat belas diorama sebagai salah satu bentuk perwujudan proses perjalanan pergerakan kebangsaan yang terjadi pada tanggal 3 Oktober 1943 di bekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton-Bogor. Museum ini berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 35 (Telp. 0251-8332768).

Museum PETA

(Sumber: www.kotabogor.go.id)

3. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan didirikan pada tanggal 10 Nopember 1957 sebagai tempat penyimpanan beragam senapan yang digunakan para pejuang kemerdekaan, juga koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris. Lokasi museum ini di Jl. Merdeka No. 56 (Telp. 0251-8326377).

Museum Perjuangan

(Sumber: www.kotabogor.go.id)

4. Museum Tanah

Museum Tanah didirikan pada tanggal 29 September 1988. Berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 98 (Telp. 0251-832301), museum ini merupakan tempat penyimpanan contoh jenis tanah yang terdapat di Indonesia yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit, macam-macam batuan, contoh pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, dan alat survei tanah.

Museum Tanah

(Sumber: www.kotabogor.go.id)

5. Museum Etnobotani

Museum Etnobotani didirikan oleh Prof. DR. BJ. Habibie pada tahun 1982. Di dalam museum ini terdapat sekitar 2.000 artefak etnobotani yang memperagakan pemanfaatan tumbuhan Indonesia dan koleksi fosil kayu, tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk obat tradisional, seperti jamu. Museum ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 24 (Telp. 0251-8322035).

Museum Etnobotani

(Sumber: www.kotabogor.go.id)

6. Museum Herbarium

Herbarium Bogoriense terletak di Jalan Ir. H. Juanda (sebelah barat Kebun Raya Bogor). Di sini tersimpan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

7. Museum Mobil dan Keramik

Museum Mobil dan Keramik berada di kawasan Sirkuit Sentul Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di dalam museum ini dipamerkan beragam mobil, motor, dan keramik antik yang dapat memanjakan mata para penggemar barang antik. Di museum ini terdapat mobil bermerk PACARD CUSTOM 2206 buatan Amerika pada tahun 1948 yang pernah digunakan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Tiket masuk museum ini seharga Rp 6.000,- (weekday) dan Rp 7.000,- (untuk hari libur).

Museum Mobil dan Keramik Sentul

(Sumber: www.bogorkab.go.id)

Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa museum di Bogor yang tutup di akhir pekan. Sebaiknya Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan kunjungan museum. Jadi, tunggu apalagi, ayo wisata museum di Bogor!

Sumber: berbagai sumber

 

We Love Your Comments