bogist.com

Bogor Tourist Information Center

Museum Pembela Tanah Air ini terletak di tengah Kota Bogor, tidak jauh dari Istana Bogor dan kawasan air mancur. Tepatnya di Jl. Sudirman no. 35 Bogor.

Ada baiknya, sebelum mengunjungi Museum PETA, Anda menghubungi nomor telepon 0251-8332768 untuk mengetahui prosedur kunjungan yang berlaku di Museum ini. Pada umumnya pengunjung museum ini merupakan rombongan wisata dengan jumlah minimal 25 orang. Wakil rombongan tersebut mengajukan surat izin kunjungan kepada pihak administrasi museum, baru setelah itu akan dihubungi oleh pihak museum tentang jadwal kunjungan yang tersedia. Setiap pengunjung dikenai biaya administrasi sebesar Rp 2.500.

Prosedur kunjungan yang rumit tersebut dikarenakan museum harus menyalakan lampu yang berjumlah tak sedikit, ada sekitar 500 buah lampu yang harus dinyalakan di museum untuk menerangi diorama-diorama dan beberapa properti museum yang dipajang di ruangan tersebut. Selain itu, beberapa pendingin ruangan juga harus dinyalakan demi kenyamanan pengunjung museum. Dengan pemberitahuan kunjungan tersebut, pihak pengelola Museum dapat mempersiapannya dengan baik untuk melayani wisatawan yang datang dan memberikan kenyamanan yang terbaik bagi pengunjungnya.

Bangunan museumnya sendiri dibagi menjadi 2 ruangan, dengan total 14 diorama yang terdapat di museum tersebut. Selain diorama-diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia, di dalam museum juga terdapat beberapa koleksi senjata yang dimiliki oleh pasukan PETA dulu dalam melawan tentara Jepang, beberapa perlengkapan pakaian tentara PETA, dan beberapa artikel Koran yang menceritakan tentang perjuangan pemuda Indonesia pada saat itu untuk mencapai kemerdekaan. Salah satunya yang menarik adalah artikel yang dimuat di Majalah DJAWA BAROE di tahun 1944, yang bertuliskan “Bangkitlah oentoek Membela Tanah Air!”. Luas monumen dan museum PETA sendiri sekitar 1 hektar. Berdiri di sekelilingnya adalah pusat pelatihan ZENI untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan mengenai kemiliteran. Bangunannya telah ada sejak penjajahan Belanda sekitar tahun 1700-an, sehingga tidak heran jika ciri-ciri bangunannya mirip dengan bangunan jaman dulu peninggalan sejarah.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, persiapkan teman-teman/ keluarga/ sekolah/ kampus/ kantormu untuk berkunjung ke Museum PETA dan nikmati sajian sejarah Indonesia di sini!

We Love Your Comments